B’KOL RAM – Mengangkat Suara Yahudi – “Mencukur duka” oleh Kenneth Firestein

B’kol Ram berarti “dengan lantang” dalam bahasa Ibrani. Saya ingin mengundang Mitra lainnya untuk berbagi wawasan dan momen Yahudi yang menyentuh hati mereka. Ini dapat membantu Mitra untuk mengenal satu sama lain dengan cara yang berbeda. Tolong kirimkan saya catatan apa pun yang Anda miliki tentang pengalaman Anda yang mungkin menginspirasi kami, menggerakkan kami dan membuat kami berpikir. – Rabbi Greg Wolfe

Mencukur duka

oleh Kenneth Firestein

Pertama saya ingin berterima kasih kepada semua yang mendukung saya ketika ayah saya meninggal 1 Januari 2021. Dengan menghadiri kebaktian Siwa, membawa makanan, dan mengirim catatan dan pesan lainnya, saya merasa hangat dan didukung. Dukungan komunal pada saat dan waktu lain sangat penting dan luar biasa serta disambut dan berada di luar ritual. TERIMA KASIH!

Di sisi lain, saya ingin berbagi sesuatu tentang dua ritual / tradisi Yahudi yang membuat saya tersentuh terkait dengan kematian dan duka. Yang satu menutupi semua cermin di rumah saya selama tujuh hari pertama setelah pemakaman (periode shiva) dan yang kedua tidak mencukur atau memotong rambut selama 30 hari setelah pemakaman (periode shloshim). Kombinasi menutupi cermin dan tidak mencukur membuat saya terkejut.

Kejutan pertama adalah kejutan ketika cermin dibuka dan saya melihat diri saya dengan janggut abu-abu penuh dan rambut saya juga panjang. Penampilannya seperti seseorang yang sudah tua dan sementara AKU “tua”, aku tidak merasa atau menganggap diriku tua tetapi tiba-tiba setelah tidak bercukur atau melihat diriku sendiri selama seminggu, aku melihat diriku yang sangat berbeda. Saya menyadari sesuatu tentang diri saya dan tentang ayah saya juga. Dia hidup sampai 97 tahun dan benar-benar tua dan lelah dan sekarang saya terlihat dan tampak tua dan lelah juga.

Kejutan kedua datang di akhir periode shloshim (30 hari) ketika saya mencukur dan memotong rambut. Tiba-tiba saya terlihat lebih muda lagi dan saya merasa segar dengan rasa pembaruan pribadi dan pikiran tentang tujuan baru.

Karena tahap berkabung ini (shiva dan shloshim) telah melewati tahap penyembuhan yang lebih baik (pembacaan Kaddish secara teratur) berlanjut. Di tahap ini saya menegaskan kehidupan dan Sumber Kehidupan dan terus memproses ingatan, perasaan, dan pikiran.

Begitulah ceritaku sejauh ini. Sekali lagi terima kasih atas dukungan dan pengertian Anda dan bahkan hanya mendengarkan.