Arti dari Purim yang Terbongkar (5781)

Kesembronoan Purim yang membara setiap tahun meluas ke seluruh bulan Adar, di mana ia menempati posisi sentral. Sejak Adar dimulai, tradisi Yahudi memerintahkan kita untuk bahagia (apalagi fakta bahwa selalu ada, Oy Gevalt, banyak yang perlu dikhawatirkan). Liburan Purim yang menggembirakan, merayakan penyelamatan dramatis dan menggigit kuku dari orang-orang Yahudi di Persia, penuh dengan kejenakaan liar, kostum konyol, karnaval gala, dan sentuhan kegembiraan untuk ukuran yang baik. Keunikan dan suasana Purim, saat kami menceritakan kembali kisah Ester yang ditemukan di Megillah, menjadikannya salah satu hari raya paling menyenangkan dari semua hari raya Yahudi. Lagi pula, siapa yang tidak menyukai benang bagus yang penuh dengan karakter gila? Ester yang manis dan menawan, yang menyembunyikan identitas Yahudinya sampai saat terakhir, menjadi pahlawan yang tidak terduga, atas desakan sepupunya Mordekai, saat dia berjuang untuk hidupnya dan nyawa bangsanya melawan plot pengecut dari Haman yang tercela. Dalam pertarungan klasik antara kebaikan versus kejahatan, orang baik menang dan kami merayakan penebusan ajaib dari rakyat kami.

Tentu saja, kostum dan karnaval cenderung menyamarkan esensi liburan Purim bagi kebanyakan dari kita. Nama Esther sendiri mengisyaratkan bahwa ada lebih dari yang terlihat dalam cerita kita! [The root of Esther in Hebrew is ‘nistar,’ which means hidden.] Di bawah lapisan Purim yang sembrono, terdapat pesan penting bagi kita semua tentang pengambilan risiko, tanggung jawab pribadi, dan kemampuan hanya satu orang untuk membuat perbedaan yang luar biasa. Jika bukan karena Ratu Ester yang pemberani dan kesediaannya untuk maju dan mengambil sikap atas apa yang benar-benar penting, untuk berbicara untuk menyelamatkan nyawa, cerita kita akan memiliki akhir yang sangat berbeda.

Semangat Ester terus hidup dalam diri kita masing-masing, menginspirasi kita untuk menggunakan suara kita demi kebaikan dan bertindak sehingga kita dapat membuat perbedaan yang positif di dunia kita. Meskipun ada begitu banyak tantangan yang dihadapi dunia kita saat ini, hal itu dapat membuat kepala Anda berputar seperti minuman keras, kita tidak bisa putus asa atau menyerah. Seperti Esther, kita harus menjangkau jauh ke dalam untuk mengumpulkan keberanian dan berharap untuk mengatasi Hamans saat ini, apakah mereka menjadi kekuatan jahat seperti Virus Corona atau individu yang melanggengkan kekerasan senjata atau keserakahan dan ketidakpedulian yang mengancam Bumi dan keberadaan kita. Apakah mereka yang berusaha menganiaya imigran dan pencari suaka yang hanya mencari kehidupan yang lebih baik seperti nenek moyang kita atau mereka yang menolak akses ke perawatan kesehatan yang terjangkau bagi banyak orang, kita adalah pewaris dari tradisi yang kaya yang memanggil kita, mengingatkan kita, bahwa mungkin kita telah sampai pada saat ini sehingga kita dapat menggunakan hak istimewa, kekuatan, dan posisi kita untuk melakukan apa yang harus kita lakukan untuk membangun dunia yang adil dan welas asih bagi semua.

Pastikan untuk bergabung dengan kami untuk semua perayaan Purim kami tahun ini, yang akan mencakup pembacaan tahunan Ibrani Megillah kami pada Kamis malam, 25 Februari pukul 7:30, yang kami sebut GanZOOMegillah, juga menampilkan presentasi video khusus yang menggambar paralel antara Purim cerita dan kejadian terbaru di negara kita, dan beberapa kesenangan Purim schtick. Kemudian pada Jumat malam pukul 6 sore, bergabunglah dengan kami untuk Layanan Keluarga Purim khusus, menampilkan musik bersama Dan Tennenbaum, kisah Purim dalam bahasa Inggris, dan saat-saat menyenangkan. Bawa groggers / pembuat kebisingan Anda! Dan, tentu saja, pada hari Minggu, 28 Februari, kami akan mengadakan Purim Shpiel (terima kasih kepada Karen Block untuk mengorganisir produksi hebat ini!) Program Sekolah Agama reguler kami dan dorongan kami melalui Purim Extravaganza!

Namun di tengah semua kesenangan dan kekonyolan Purim, marilah kita juga tidak melupakan makna yang tersembunyi dan lebih dalam dari liburan yang menggembirakan ini. Purim ini mari kita berbagi kegembiraan dan berkat besar kita dengan orang lain. Mari kita pilih penyebabnya dan terlibat. Mari kita temukan momen-momen berharga ketika kita dapat berbicara dan membela nilai-nilai yang paling kita sukai. Dengan cara ini, kita akan terus menjadi pembawa terang yang telah diajarkan Ester sejak lama untuk tidak bersembunyi.

Chag Purim Sameach,

Rabbi Greg